5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Saat Ingin Membeli PS4 Second

1
600

Tak dapat dipungkiri bahwa Playstation adalah konsol yang paling populer di Indonesia. Kamu mungkin sudah menjajal semua serinya mulai dari PS1 hingga PS4 yang harganya lumayan mahal. Bagi orang yang memiliki uang lebih bukanlah hal sulit untuk memiliki PS4, akan tetapi bagi yang punya uang pas-pasan harus pintar memutar otak agar dapat memiliki konsol tersebut salah satunya dengan membeli PS4 second.

PS4 second adalah salah satu solusi yang paling mudah karena harganya tentu lebih murah. Akan tetapi yang namanya membeli barang second pastilah mempunyai resiko tersendiri dan rawan penipuan. Maka dari itu kita harus pintar dalam mengecek kondisi konsol PS4 bekas agar terhindar dari tindak penipuan. Nahh.. kali ini gavetions akan  membagikan tips saat kamu ingin membeli PS4 bekas agar tidak menyesal nantinya.

Tips Saat Akan Membeli PS4 Second

1)    Usahakan Untuk Membeli PS4 Model Terbaru

ps4 second

Konsol PS4 memiliki banyak sekali model, mulai dari Fat (CUH-1006), Fat Gen2 (CUH-1106), fat Gen3 (CUH-1206), Slim (CUH-2006) dan Pro (CUH-7006). Jika kamu membeli PS4 bekas dengan model terbaru maka dapat dipastikan bahwa konsol tersebut adalah versi yang paling mutakhir saat ini. Karena konsol versi terbaru mendapatkan pemutakhiran yang paling mendekati sempurna dibanding versi sebelumnya.

2)    Jika Terpaksa Membeli Refurbish Maka Pilihlah Refurbish oleh Produsen Resmi

ps4 second

Refurbish adalah keadaan dimana suatu produk memiliki kualitas dibawah standart dan diperbaiki agar lebih layak. Sebelum suatu produk dilepas ke pasaran biasanya akan dicek dari segi kualitas, akan tetapi kadang ada produk yang kualitasnya dibawah standart ikut lolos ke pasaran. Akibatnya produk tersebut gampang rusak dan akhirnya dikembalikan ke pihak produsen. Produsen akan mengecek apakah produk tersebut masih bisa diperbaiki atau tidak, jika masih maka akan diganti beberapa komponennya yang rusak dan dilepas kembali ke pasaran yang tentu dengan harga yang lebih murah.

PS4 refurbish merupakan salah satu alternative bagi orang yang mempunyai budget pas-pasan. Namun perlu ditekankan, refurbish adalah barang rekondisi jadi resiko untuk membelinya lebih besar. Untuk meminimalisir hal tersebut pilihlah PS4 yang direfurbish oleh pihak resmi dan bukannya oleh pihak ketiga. Ciri-ciri PS4 yang direfurbish secara resmi oleh pihak Sony adalah memiliki dus berwarna putih. Barang refurbish resmi lebih terjamin dan telah melewati proses quality control layaknya barang baru.

3)    Jangan Tergoda dengan Iming-Iming Ex-Jepang dll

ps4 second

Seller biasanya akan menggunakan jurus embel-embel “produk ex-jepang” dll untuk meyakinkan pembeli. Saya sarankan untuk tidak terhipnotis oleh omongan seller tersebut, walaupun produk tersebut adalah ex-jepang ataupun negara lain, hal itu tidak akan menjamin kualitasnya. Hal yang menentukan kualitas barang second adalah bagaimana penggunaan dan perawatan pengguna sebelumnya.

4)    Pastikan Bahwa PS4 Beregion SEA (South East Asia)

ps4 second

Sony melepas produk PS4 dengan nomor SKU (Stock Keeping Unit) yang berbeda untuk setiap regionnya. Kita yang berada di Indonesia masuk dalam region SEA (South East Asia). Jadi saat ingin membeli PS4 second pastikan bahwa produk tersebut beregion SEA dengan kode SKU berakhiran 06. Contoh model CUH-10XX, maka pastikan XX ini adalah 06 karena jika tidak kamu tidak akan mendapat layanan garansi resmi dari Sony.

5)    Usahakan Masih Dalam Masa Garansi dan Mintalah Garansi Personal

ps4 second

Sony pada umumnya memberikan garansi resmi PS4 selama satu tahun penuh, kamu bisa mengecek masa berlaku garansi melalui situs resmi Sony. Jika garansi produk tersebut akan habis kamu masih bisa memperpanjang masa garansinya untuk 3 tahun ke depan. Apabila PS4 second tersebut sudah di luar masa garansi lebih baik kamu minta garansi personal kepada pihak seller setidaknya selama 3 hari.

Sekian postingan tentang tips saat kamu ingin membeli PS4 second. Semoga beberapa tips diatas bisa membantu kalian agar terhindar dari tindak penipuan. Utamakan untuk bertransaksi dengan orang yang kamu kenal dan percayai untuk meminimalisir resiko. Jika kamu punya pengalaman dalam membeli PS4 second silahkan share di komentar. #salamgamer