7 Aplikasi Android Pelengkap Bulan Ramadhan

1
56

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dirayakan oleh umat muslim di seluruh Dunia dengan melaksanakan ibadah Puasa. Bulan Ramadhan tahun 1438 Hijriah atau 2017 telah tiba, seluruh umat muslim di seluruh Dunia termasuk Indonesia pasti sedang melaksanakan ibadah puasa di bulan ini. Bulan Ramadhan/Puasa merupakan bulan yang penuh kemuliaan bagi umat muslim, karena di bulan ini pahala akan di lipat gandakan, dan kita harus melaksanakan ibadah dengan lebih khusyu daripada hari-hari biasanya.

Sudah seharusnya sebagai umat islam kita harus menjalankan ibadah puasa dengan baik, untuk melengkapi ibadah kita di bulan puasa ini, ada beberapa aplikasi-aplikasi yang berguna untuk membantu kita dalam menjalani bulan Ramadhan dengan lebih baik.

7. Buku Saku Ramadhan

Aplikasi ini berisi hal-hal seputar Ramadhan seperti Keutamaan Bulan Ramadhan, Keutamaan Puasa Ramadhan, Syarat Wajib Puasa, Amalan di Bulan Puasa, Shalat Terawih, Malam Lailatul Qodar dan Doa-doa Bulan Ramadhan. Di dalam Aplikasi ini terdapat banyak panduan-panduan dan Doa-doa untuk mengawali/melaksanakan ibadah di Bulan Ramadhan.

6. Kultum Ramadhan

Berisi materi-materi kuliah tujuh menit (kultum) atau dakwah tentang Bulan Ramadhan, Amalan Bulan Ramadhan, Hikmah Puasa, Pahala Puasa, Nuzulul Quran, Sedekah di Bulan Ramadhan, dan lainnya.

5. Ramadhan 2017

Aktivitas di Bulan Ramadhan yang biasa kita awali yaitu bangun pagi, makan sahur, dan masih banyak lagi. Aplikasi Ramadhan 2017 dapat dijadikan sebagai pengingat waktu, baik itu waktu imsak, sahur, ataupun waktu shalat (Shubuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya). Di aplikasi ini terdapat kalender bulan Ramadhan, kalender hijriah, jadwal sahur maupun imsak yang dapat kita setings untuk zona waktu indonesia, 114 surah Al-Quran, 99 Asmaul Husna, dan masih banyak lagi.

4. Al Quran Indonesia

Ketika Bulan Ramadhan, salah satu ibadah yang dapat kita lakukan antaralain dengan Membaca Al-Quran. Memang Smartphone kita lebih banyak diisi dengan game-game, social media, dan sebagai macamnya, dan terkadang kita juga disibukan oleh aktivitas kita sehingga tidak sempat membaca Al-Quran. Namun, itu bukanlah alasan untuk tidak membaca Al-Quran, kita dapat membaca atau setidaknya mendengarkan bacaan Al-quran dari smartphone kita pada saat bulan Ramadhan tiba. Aplikasi Al Quran Indonesia merupakan salah satu aplikasi Al-Quran yang menerjemahkan Al-Quran per-kata ke dalam bahasa indonesia, Al-Quran 30 Juz lengkap dengan terjemah, audio dan lafanya tersedia di aplikasi Al Quran Indonesia.

3. Qibla Compass

Kesulitan mencari arah Kiblat?, ingin mengetahui arah jarak ka’bah dari tempat anda? Aplikasi Qibla Compass – Ramadan 2017 cocok untuk menjawab 2 pertanyaan tersebut. Selain mengetahui posisi ka’bah, aplikasi Qibla Compass – Ramadan 2017 juga menunjukan pertanggalan Masehi dan Hijriah, sehingga kita dapat mengetahui pertanggalan Masehi dan Hijriah secara bersamaan.

2. Masjid Terdekat

Aplikasi buatan Hafiy’s Lab ini seperti map penunjuk jalan menuju masjid terdekat. Aplikasi Masjid Terdekat juga menyediakan daftar nama-nama masjid yang ada di lokasi kita, sehingga jika kita berada di perjalanan, kita dapat memilih masjid terdekat baik itu untuk singgah sementara ataupun untuk melaksanakan shalat.

1. Muslim Pro – Ramadan 2017

Menurut kami, Muslim Pro merupakan aplikasi pelengkap bulan puasa terbaik. Aplikasi ini hampir memberikan semua fitur yang kita butuhkan sebagai pelengkap kita untuk menjalankan ibadah puasa dengan maksimal. Fitur aplikasi ini seperti, Al-Quran 30 Juz, pengingat waktu Shalat dengan lantunan Azan, 99 Asmaul Husna, kartu tanda ucapan ramadhan terbaik, dan masih banyak lagi. Muslim Pro – Ramadan 2017 juga dilengkapi dengan bahasa Indonesia, sehingga kita tidak perlu untuk mentranslatenya terlebih dahulu.

Sebagai Catatan: Aplikasi-aplikasi di atas sudah tersedia dan dapat kita download di Google Play Store. Perlu diingat, Aplikasi-aplikasi yang telah kami rekomendasikan di atas, itu hanyalah perantara saja untuk menjalankan ibadah puasa dengan maksimal.