8 Fakta Unik God of War 4 yang Harus Kamu Ketahui

god of war 4

God of War 4 adalah salah satu game untuk PS4 yang paling ditunggu-tunggu. Kehadirannya akan memberikan nafas baru bagi para penggemar seri God of War. Seri sebelumnya yaitu God of War III yang dirilis pada Maret 2010 mendapatkan respon yang baik sama seperti seri-seri sebelumnya. Bahkan God of War III kembali dirilis untuk konsol PS4.

God of War sendiri bercerita tentang Kratos, seorang Spartan yang tak kenal takut. Kratos tak pernah mengalami kekalahan dalam setiap peperangan yang ia pimpin sehingga ia dijuluki sebagai Ghost of Sparta. Hingga suatu hari pasukan Sparta harus menghadapi  pasukan barbarian, setelah melalui peperangan yang sengit untuk pertama kalinya pasukan Spartan tumbang dan hanya Kratos seorang yang tersisa dari pasukan Spartan. Saat raja Barbarian akan membunuhnya, ia meminta ampun kepada raja Barbarian dan akhirnya kratos pun diampuni serta dibiarkan hidup.

Setelah selamat dari ancaman kematian, kratos pun meminta pertolongan kepada dewa perang Ares. Ares bersedia menolong kratos dan memberinya Blade of Chaos, kratos pun kembali menantang raja Barbarian dan mampu membunuhnya. Sebagai imbalan atas pertolongannya, Ares meminta kratos untuk membunuh seluruh penduduk kota Athena hingga kratos tak sadar bahwa ia juga membunuh istrinya sendiri. Karena kebrutalannya kratos pun dikutuk oleh kepala suku Athena bahwa ia akan terus bermimpi buruk tentang istri yang ia bunuh.

Disinilah awal mula cerita seri God of War bermula, kratos ingin membunuh Ares karena merasa sudah dibohongi. Akan tetapi kratos bukanlah tandingan seorang dewa perang  hingga akhirnya setelah dibantu oleh para dewa lain kratos pun mampu membalaskan dendamnya dan menggantikan Ares sebagai dewa perang.

Di akhir seri God of War III kratos telah berhasil membunuh semua dewa yang berada di gunung Olympus dan menjadi penguasa Olympus. Namun hal tersebut tetap tidak dapat menghilangkan mimpi buruk yang selalu menghantuinya. Karena merasa frustasi akhirnya kratos pun mencoba bunuh diri menggunakan Blade of Zeus. Akan tetapi tampaknya kratos tak berhasil bunuh diri karena terlihat jejak ceceran darah di akhir Gof of War III.

DISARANKAN  Nintendo Berencana Hadirkan Fitur VR di Switch!

Nahh… kira-kira seperti apa kelanjutan cerita dari sang prajurit Spartan serta penguasa Olympus ini. Untuk mengetahuinya Gavetions telah merangkum beberapa fakta tentang God of War 4, apakah kratos akan kembali menunjukkan kebrutalannya? Mari kita simak bersama…

Fakta-Fakta God of War 4

1.     God of War 4 Merupakan Sekuel Lanjutan dari Seri Sebelumnya

Kratos dalam GoW 4

Jika kamu perhatikan sosok kratos diatas, pasti kamu merasa heran kenapa ia mengalami banyak perubahan. Postur tubuh yang cenderung lebih besar ketimbang dalam seri GoW III hingga hilangnya blade of chaos, apa yang sebenarnya terjadi pada kratos? Penampilan yang berbeda membuat banyak orang berasumsi bahwa God of War 4 adalah reboot dari seri GoW, tapi hal tersebut adalah salah besar. Tak diragukan lagi God of War 4 merupakan sekuel lanjutan dari GoW III sebagaimana pernyataan resmi dari pihak Sony sendiri. Dalam God of War 4 penampilan Kratos lebih mirip seorang Viking daripada Spartan dengan keberadaan kapak sebagai senjata yang menggantikan blade of chaos.

2.     Kratos Berpindah ke Mythology Norse

Kratos dalam mitologi nordik

Tampaknya keruntuhan Olympus dalam GoW III menjadi akhir dari greek mythology dalam seri GoW. Seperti yang sudah kita ketahui, ketiga seri GoW sebelumnya sangatlah kental dengan mitologi yunani. Namun tampaknya dalam God of War 4 kratos telah meninggalkan mitologi yunani dan berpindah ke mitologi nordik.

Pergantian latar inilah yang menyebabkan perubahan pada sosok kratos. Untuk mengikuti mitologi nordik, keberadaan blade of chaos yang menjadi symbol pembalasan dendam kratos digantikan dengan sebuah kapak besar khas Viking. Sama seperti blade of chaos, kapak Viking ini juga bukanlah sebuah kapak biasa. Ia mampu mengeluarkan sihir es serta dapat kembali ke tangan kratos setelah dilempar.

3.     Kratos Telah Memiliki Seorang Anak

Siapa ibu anak ini…

Hal inilah yang banyak membuat orang penasaran, dengan siapa kratos menjalin hubungan hingga akhirnya ia memiliki seorang anak laki-laki. Sampai saat ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak Santa Monica Studios perihal tersebut, dalam trailer God of War 4 hanya terlihat sosok kratos sedang mengajari putranya bagaimana cara menjadi seorang dewa. Dan sebaliknya sang anak mengajarkan kratos bagaimana menjadi manusia kembali.

DISARANKAN  Game Karya Dalam Negeri: "Legrand Legacy" Akan Tersedia di Steam!

Selain itu belum ada informasi resmi siapa nama putra dari kratos tersebut. Namun dalam sebuah music footage E3 yang diperoleh seorang fan di twitter ada sebuah tag yang berisi “Perkenalan dari Kratos dan Atreus”. Setelah dikonfirmasi ke Creative Director dari GoW, Cory Balrog membenarkan hal tersebut. Nama Atreus sendiri diambil dari seorang raja Mycenae dalam mitologi yunani.

4.     Kamu Bisa Mengendalikan Atreus Dengan Tombol Khusus

Gunakan perintah khusus untuk kendalikan Atreus

Dalam God of War 4 kratos akan bertualang bersama dengan putranya, dalam gameplay nya kamu bisa mengendalikan Atreus walau tidak secara langsung. Kamu dapat menggunakan kratos untuk memberikan perintah kepada Atreus dengan sebuah tombol khusus yang terdapat di gamepad. Kratos akan berperan sebagai mentor yang melatih putranya menjadi seorang petarung yang tangguh. Peran Atreus juga sangat penting seiring berjalannya permainan seperti menjadi kunci kombat gameplay, menyelesaikan puzzle serta eksplorasi.

Sama seperti ketiga seri GoW sebelumnya, kita dapat mengupgrade karakter termasuk Atreus agar semakin kuat seiring dengan berjalannya gameplay. Atreus juga memiliki beberapa kemampuan yang unik salah satunya adalah mampu berbahasa norse. Setting waktu God of War 4 sendiri terjadi 2 masa sebelum era Viking dimulai. Era sebelum Viking disebut Demigration sedangkan era sebelumnya disebut Premigration. Pada era Premigration inilah cerita God of War 4 berlangsung sejalan dengan masa dewa dewi nordik.

Dalam masa ini dunia hanya dihuni oleh makhluk-makhluk mitos yang buas. Makhluk-makhluk tersebut berbicara bahasa nordik yang dipahami Atreus namun tidak dimengerti oleh kratos. Disinilah peran Atreus menjadi sangat penting, bersama dengan sang ayah ia akan melakukan petualangan di dunia yang penuh dengan makhluk buas.

5.     Kratos Akan Melakukan Penebusan Dosa

Penebusan Dosa Sang Spartan

Sosok kratos terkenal sebagai seorang prajurit Spartan yang brutal dan tak segan membunuh. Dalam seri GoW 1 sampai 3 sudah tak terhitung berapa nyawa yang melayang di tangan kratos. Dimulai dari para penduduk kota Athena, para dewa Yunani hingga Zeus sang penguasa Olympus.  Namun sosok tersebut tidak akan ada lagi di God of War 4, disini kratos seperti telah melakukan pertobatan atas dosanya dan berusaha menjadi orang yang lebih baik. Dengan bantuan Atreus, Kratos berusaha menekan amarah serta kebrutalannya demi menjadi sosok manusia kembali.

DISARANKAN  Siapa Itu Gabe Newell dan Kenapa Gamer Harus Tahu?

6.     Kratos Memiliki Kemampuan Spartan Rage

Spartan Rage

Sama seperti dalam seri sebelumnya, dalam God of War 4 kratos juga akan memiliki rage ability yang akan meningkatkan damage serangannya. Dalam seri sebelumnya bentuk rage kratos berupa petir dan api, namun dalam God of War 4 belum diketahui secara pasti bentuk dari rage ability tersebut. Uniknya walaupun cerita ini berjalan sesuai dengan mitologi nordik, rage ability tersebut dinamakan Spartan Rage dan bukannya Nordic Rage. Kemampuan ini dapat diaktfkan dengan menekan tombol R3+L3 saat rage bar penuh.

7.     Dikuranginya Sistem Quick Time Event

Ciri Khas GoW

Salah satu ciri khas game GoW adalah adanya system ini, saat musuh sudah tak berdaya biasanya kita akan mengeksekusinya dengan kombinasi tombol yang ditentukan oleh system. God of War  4 tampaknya masih tetap akan menggunakan system QTE namun jumlahnya akan dikurangi tidak sebanyak seri sebelumnya.

8.     Hanya Ada Satu Sudut Pandang

Kratos akan selalu memunggungi kita

Berbeda dengan seri sebelumnya, GoW 4 hanya akan mendukung satu sudut pandang. Dalam Gow 1 sampai 3 kamu bisa menggunakan analog kanan untuk mengubah angle kamera dan mengamati keadaan sekitar, fitur ini tak akan ada lagi di God of War 4.

Itulah beberapa fakta tentang God of War 4 yang mungkin akan memberi kamu gambaran akan seperti apa game ini. Belum ada informasi resmi kapan tepatnya God of War 4 akan dirilis, tapi ada sebuah rumor yang di dapat dari sebuah postingan di situs Amazon. Dalam deskripsi postingan pre-order tersebut tertulis bahwa akan dirilis pada 29 Desember 2017. Benar tidaknya rumor tersebut tak ada yang tahu, kita tunggu saja tanggal mainnya. #salamgamer