Ancaman Terhadap Apple Seperti Ransomware

0
32

Baru-baru ini pengguna apple seperti mac, ipad, dan iphone mengeluhkan karena perangkat mereka seakan-akan terkena hack. Keluhan ini muncul di sosial media yang di keluhkan oleh beberapa pengguna Apple.

Mereka mengeluh bahwa Apple ID atau iCloud mereka di kunci, sehingga perangkat itu tidak bisa diakses. Serangan ini mirip dengan kejadian ransomware yang pernah menyerang beberapa bulan yang lalu pada perangkat berbasis Windows, namun kali ini terjadi pada perangkat Apple.

Serangan ini akan mengunci akun iCloud, lalu ketika mengirim email yang tertera disana [email protected] , maka akan mendapat balasan yaitu meminta tebusan uang berupa BitCoin. Namun beberapa informasi yang di dapatkan, meskipun dilakukan pembayaran akun itu tidak kembali.

Menurut informasi yang didapatkan ada beberapa cara yang disarankan seperti Two-Factor Authentication, tapi cara ini hanya digunakan untuk setidaknya mencegah agar perangkat tidak langsung di hack. Akan tetapi ada juga yang sudah menyalakan fitur ini namun masih kena.

Berdasarkan informasi, ternyata hal ini sudah banyak dilaporkan ke Apple Retailer, bahkan tidak banyak yang memarahi petugas karena mendapat hal ini.

Belum ada tanggapan resmi dari pihak Apple Global, mungkin yang mendapat masalah ini bisa membawanya ke sistem Apple untuk melakukan pengecekan.