Apple Menghapus Aplikasi VPN dari App Store di China

Apple sudah menghapus semua layanan aplikasi VPN utama yang membantu pengguna internet mengatasi sistem penyensoran internet di negara China, tindakan pemerintah China ini akan mempengaruhi perusahaan VPN yang menyediakan server bagi pengguna di negara itu, khususnya di kota Shanghai, Ghuangzhou, dan Beijing, karena mereka akan kehilangan para penggunanya yang tinggal di wilayah tersebut.

Berbeda dengan Twitter yang baru saja mengumumkan kalau Twitter menawarkan layanan promosi Tweet, kini Apple harus menghapus layanan VPN dari App Store untuk wilayah China. Langkah ini pertama kali dilaporkan oleh Express VPN, sebuah penyedia layanan internet yang berpusat di luar China, mereka mengatakan melalui sebuah posting blog “Semua VPN utama termasuk miliknya sendiri telah dihapus dari toko berbasis Apple. Mereka mendapatkan email dari Apple yang menjelaskan bahwa aplikasinya telah dihapus karena mengandung konten yang ilegal di China”.

DISARANKAN  Perbedaan Dan Kelebihan Windows 64 bit Dibanding 32 bit

Aplikasi VPN di Apple Store tetap tersedia untuk pengguna di seluruh dunia di luar China dan Korea Utara. Pembersihan App Store sangat berdampak bagi perusahaan VPN dan juga untuk penduduk yang ingin mengakses internet tanpa batasan internet di negara tirai bambu tersebut. Biasanya terdapat Restoran dan Hotel berbintang di China yang menawarkan layanan VPN, namun mereka telah berhenti menawarkannya kepada para tamu ataupun pelanggannya.

DISARANKAN  Apakah Yakin OS Linux Lebih Aman Dari Yang Lainnya?

Beberapa layanan VPN populer dipaksa offline di China pada awal bulan Agustus dan terpaksa meninggalkan pengguna aktif mereka, pekerja profesional yang membutuhkan akses internet global untuk bekerja juga terpaksa berhenti karena tidak memiliki alternatif. Awal bulan ini Great Firewall atau istilah untuk protokol sensor internet China, telah ditingkatkan dengan kemampuan lebih canggih.

DISARANKAN  Setelah Berbagai Macam Dilema, Akhirnya Spotify Tersedia di Windows Store