AxiDraw V3, Mesin untuk Menulis dan Menggambar Layaknya Manusia

1
108

Kemajuan teknologi memang semakin pesat dan inovasi-inovasi baru terus bermunculan setiap harinya. Banyak pekerjaan manusia yang kini dikerjakan oleh mesin ataupun robot demi efektivitas. Lalu bagaimana jika mesin mampu menulis serta menggambar layaknya manusia? Mungkin sebagian dari kamu berpikir, “kan sudah ada printer?”. Memang printer membuat pekerjaan kita untuk menulis ataupun menggambar menjadi lebih praktis, namun printer sifatnya hanya “mencetak” bukan menulis ataupun menggambar. Tapi kini telah muncul teknologi yang mampu menulis ataupun menggambar seperti atau bahkan lebih baik daripada manusia. Mesin ini sudah beredar di pasaran dengan nama AxiDraw V3.

AxiDraw V3 ini digarap oleh Evil Mad Scientist Labolatories dan Lindsay Wilson of IJ Instrument Ltd. Tidak seperti printer yang sifatnya mencetak data ke dalam kertas, AxiDraw V3 ini benar-benar menggunakan alat tulis (pena, pensil, spidol dsb) dan menggoreskannya ke kertas untuk membuat objek yang diinginkan. Perangkat ini sejatinya adalah sebuah holder untuk alat tulis. Karena sudah didesain serta diprogram sedemikian rupa, hasil dari AxiDraw V3 ini sangat rapi bahkan mampu melampaui hasil buatan manusia.

Perangkat ini merupakan versi ketiga dari dua produk yang sebelumnya sudah dirilis. Perangkat ini dirilis untuk 3 platform yaitu Windows, Mac dan Linux. Perbedaan dari versi sebelumnya ialah mekanisme AxiDraw V3 ini ditingkatkan dengan fitur roda bergulir halus pada ektrusi aluminium kustom yang dirancang khusus untuk kekakuan tinggi juga ringan.

Contoh Hasil AxiDraw V3

Dengan desain dan peningkatan tersebut akan mampu memberikan output yang lebih halus serta memungkinkan untuk bekerja hingga dua kali lipat lebih cepat dari versi sebelumnya. Meski jika dilihat masih kaku namun mesin ini bisa dibilang cukup fleksibel, kamu bisa mengerjakan pekerjaan menggambar atau menulis yang biasanya kamu kerjakan secara manual. Hasilnya pun akan sulit dibedakan mana yang dibuat dengan AxiDraw V3 dan manual karena terbilang sangat mirip.

 

Munculnya mesin ini layaknya sebuah seniman yang sempurna dan tanpa lelah. AxiDraw V3 ini juga mampu memegang pena hingga sudut 45 derajat dan kamu bisa mengganti alat tulisnya sesuai kebutuhan kamu. Untuk kamu yang berminat untuk memiliki perangkat ini cukup siapkan uang sebesar US$450 atau sekitar 6 juta rupiah. Kehebatan mesin ini dapat kamu lihat disini