Bursa Uang Virtual Korea Selatan Diretas Oleh Hacker

0
20
Bursa Uang Virtual Milik Korea Selatan Diretas Oleh Hacker

Di jaman digital ini hampir semua kegiatan dapat dilakukan secara virtual salah satunya adalah masalah uang. Kita mungkin sudah sering mendengar sebuah mata uang virtual seperti Bitcoin atau Litecoin. Korea Selatan merupakan salah satu Negara terbesar dalam hal penukaran uang virtual. 20% pertukaran uang virtual dunia dilakukan dengan mata uang Korea Selatan, won. Hal tersebut nampaknya menarik perhatian para hacker untuk mencari keuntungan.

Pekan lalu, beredar informasi bahwa miliaran won mata uang virtual telah dicuri dari ether Korea Selatan (tempat penyimpanan asset uang virtual). Bithumb di Korea Selatan merupakan perusahaan terbesar no 4 di dunia dalam hal pertukaran mata uang virtual. Dan menjadi no 2 di belakang OKCoin milik China dalam hal pertukaran ether.

Dikabarkan bahwa pihak Bithumb menghubungi pengawas cyber crime Korea Selatan atas dugaan adanya peretasan terhadap sistem mereka. Menurut informasi yang beredar, setidaknya ada 30.000 informasi pelanggan Bithumb yang dicuri. Kini kasus tersebut sedang diselidiki dan ditangani oleh pihak Korea Selatan.

Meskipun Bithumb mengklaim bahwa tidak ada password dari pelanggan mereka yang dicuri, ada laporan bahwa dana beberapa pelanggan yang ada di bursa Bithumb telah hilang. Di forum Naver (versi lain dari Reddit untuk Korea Selatan), banyak postingan yang mengklaim bahwa dirinya telah kehilangan uang virtual mereka di Bithumb. Salah satunya mengatakan bahwa ia kehilangan 7.100.000 won ($6.000 USD) atau sekitar 78 juta rupiah.

Jika memang beberapa dana para pelanggan telah dicuri, hal ini tentu akan menimbulkan kepanikan terhadap para pengguna uang virtual. Kemungkinan mereka akan mulai mempertanyakan keamanan transaksi dan menyimpan uang secara virtual. Pada bulan April lalu juga telah terjadi kasus hacking terhadap perusahaan uang virtual yang lebih kecil. Saat itu para pelanggan kehilangan jutaan dolar dari saldo yang mereka simpan dalam bentuk uang virtual.