Cara Mengoptimalkan Kecepatan Download Game Steam di Windows 10

cara mempercepat download game di steam

Steam merupakan salah satu portal game idaman para gamer, tempat dimana “tumpukan” game seru berkumpul menjadi satu. Setiap event seperti summer sale kemarin, Steam selalu dibanjiri pembeli yang ingin mendapatkan diskon untuk setiap game yang ingin dibeli. Walaupun kita sudah “membeli”, namun tentu saja kita masih perlu mendownloadnya lewat Steam. Hal ini tentu akan menjadi masalah bagi kita yang mempunyai koneksi lambat.

Dengan jenis game jaman sekarang yang berukuran raksasa, bisa-bisa memakan waktu berhari-hari jika menggunakan koneksi yang lambat. Sebenarnya ada beberapa cara dan trik yang bisa kalian gunakan untuk mempercepat koneksi saat download di Steam. Berikut ini beberapa trik yang bisa kalian coba saat koneksi kalian sedang lambat.

DISARANKAN  3 Game Remake dan Remastered Terbaik

 

Cara Mempercepat Koneksi Saat Download Game Steam di Windows 10

 

Tutup Aplikasi yang Menghabiskan Bandwidth Internet

Jika kalian ingin mengoptimalkan kecepatan internet, maka fokuskan semua jaringan pada tugas tersebut. Usahakan tutup semua aplikasi atau browser yang sedang menggunakan jaringan secara bersamaan. Caranya cukup mudah, klik kanan pada taskbar, pilih task manager, lalu perhatikan pada bagian network akan terlihat aplikasi yang sedang menyedot bandwidth namun tidak penting. Klik kanan lalu pilih end task, tapi perlu diperhatikan, hanya tutup aplikasi browser jangan menutup aplikasi kinerja utama.

DISARANKAN  Game Djinn Caster, Jelajahi Timur Tengah Dengan Bantuan Jin

 

Optimalkan Aplikasi Steam | Yang Ini Sangat Dianjurkan

Trik lain yang bisa kalian coba adalah dengan mengoptimalkan aplikasi Steam itu sendiri. Cukup dengan pergi ke task manager, cari aplikasi Steam yang sedang berjalan, klik kanan pada Steam Client dan pilih Go to details. Sekarang perhatikan pada panel Detail, klik kanan pada SteamService.exe, pilih Set priority dan ubah menjadi High. Hal ini akan menjadikan aplikasi Steam menjadi prioritas utama bagi PC kalian.

DISARANKAN  15 Cara Asik Bermain GTA 5

 

Pilih Jaringan yang Tidak Padat

Misal kalian mendownload melalui wifi, pastikan saat itu tidak banyak orang yang sedang menggunakan jaringan tersebut. Jika kita berbagi jaringan wifi dengan orang lain, tentu saja kita juga harus berbagi kecepatan internet dengannya. Pilihlah tempat dan waktu yang tepat untuk melakukan tugas download tersebut.

Sekarang kalian sudah tahu beberapa trik yang bisa digunakan untuk mempercepat download game di Steam. Silahkan praktekan dan buktikan sendiri apakah trik diatas benar-benar ampuh untuk digunakan.