Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

0
11
cara merawat baterai smartphone agar awet

Tips Pemakaian Baterai Smartphone Agar Hemat dan Tahan Lama – Jika kita melihat ke sekeliling, smartphone seperti sudah menguasai dunia. Di setiap sudut hampir semua orang mempunyai yang namanya smartphone. Hal ini bisa dianggap wajar karena smartphone merupakan sebuah alat yang sangat berguna dengan berbagai fitur yang mereka hadirkan. Selain itu smartphone juga bersifat portable karena menggunakan daya dari sebuah baterai yang bisa kita isi ulang jika habis.

Namun namanya sebuah mesin, pasti ada masalah dan kerusakan yang selalui menghantuinya. Dan kerusakan yang paling umum terjadi adalah pada baterai smartphone tersebut. Dibandingkan dengan hardware yang lain, baterai memang lebih sering rusak karena berbagai faktor. Oleh karena itu kita harus pintar-pintar merawat baterai smartphone agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Bagaimana sih cara menjaga agar baterai smartphone itu tahan lama dan tidak cepat bocor?

Di jaman dimana smartphone sudah menjamur ini ternyata masih banyak orang yang tidak mengetahui cara merawat baterai smartphone. Kebanyakan malah memiliki kebiasaan yang justru membuat baterai semakin cepat rusak. Kali ini kami akan memberikan tips merawat baterai smartphone agar tahan lama dan tidak cepat rusak. Dengan pemakaian serta perawatan yang benar maka umur baterai tersebut akan menjadi lebih lama dan tidak boros.

REKOMENDASI  Kombinasi Keyboard yang Bisa Mempercepat Pekerjaan Kalian

 

Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Awet dan Tidak Cepat Low Bat

Ada banyak sekali tips yan bisa kalian lakukan demi menjaga kesehatan baterai smartphone. Dan ada juga beberapa hal yang sebenarnya harus kalian hindari agar baterai smartphone tidak cepat rusak dan bocor. Namun beberapa hal terlarang ini justru  banyak dilakukan oleh para pengguna smartphone lho. Silakan lihat daftar tips yang bisa kalian gunakan untuk merawat baterai smartphone berikut ini.

 

Jangan Pernah Biarkan Daya Baterai Mencapai 0%

cara merawat baterai smartphone agar awet

Hal ini adalah salah satu kebiasaan buruk yang harus kalian hindari, usahakan untuk mencharge baterai ketika daya berada di sekitar 25%. Jika kita membiarkan baterai kehabisan daya hingga 0% hal tersebut akan menyebabkan banyak ion dalam baterai menjadi mati. Jika sudah terjadi maka ion-ion tersebut tidak akan bisa diisi kembali. Nah mungkin kalian pernah mendengar yang namanya suntik baterai. Ini merupakan usaha untuk “menghidupkan kembali” ion yang telah mati tersebut.

REKOMENDASI  RED Hydrogen One, Smartphone Holograhpic Super Mahal

 

Jangan Biarkan Baterai Mengalami Overload Karena Pengisian

cara merawat baterai smartphone agar awet

Ada sebuah mitos lama yang mengatakan, “semakin lama dicharge maka baterai akan semakin awet”. Ini merupakan sebuah informasi yan salah besar, faktanya setiap baterai memiliki kapasitas masing-masing. Kalaupun kita mencharge baterai terus-menerus, daya pada baterai tersebut tidak akan bertambah jika sudah penuh. Malah kebiasaan tersebut bisa menyebabkan baterai overload dan menjadi rusak. Memang di smartphone keluaran terbaru sudah ada fitur autocut yang memutus aliran listrik ketika pengisian sudah penuh. Namun akan lebih baik jika kita menghindari kebiasaan bruk yang satu ini.

 

Jangan Gunakan Smartphone Ketika Dicharge

cara merawat baterai smartphone agar awet

Saya yakin banyak dari kalian yang masih melakukan kebiasaan buruk ini. Mulai sekarang sebaiknya kalian tinggalkan kebiasaan yang satu ini karena sudah terbukti merusak baterai dan memperpendek umurnya. Penggunaan smartphone ketika dicharge memang tidak disarankan bahkan oleh pihak produsen. Oleh karena itu jika kalian ingin merawat baterai smartphone dengan benar, tinggalkan kebiasan ini.

REKOMENDASI  Trik Merubah Laptop Biasa Menjadi Laptop Gaming

 

Baterai Memiliki Umurcara merawat baterai smartphone agar awet

Jangan salah sangka, layaknya seorang manusia ternyata baterai juga memiliki umur lho terutama untuk jenis Li-on. Hal ini berarti tidak peduli kalian menggunakan atau tidak menggunakan baterai tersebut, maka suatu hari tetap akan rusak. Kita tidak bisa beranggapan bahwa baterai smartphone itu lifetime dan tidak perlu diganti. Namun dengan perawatan yang benar dan baik kita bisa memperpanjang umur dari suatu baterai smartphone.

Demkian tips dan cara merawat baterai smartphone yang benar agar awet dan tahan lama. Silahkan praktekan panduan diatas agar baterai smartphone kalian tidak cepat rusak dan bocor. Sekali lagi baterai smartphone memang mempunyai umur, namun dengan perawatan yang baik kita bisa memperpanjang umurnya sampa batas maksimal. Semoga tutorial kali ini dapat memberikan kalian informasi yang bermanfaat.