Cara Registrasi Ulang Simcard Prabayar All Operator!

cara registrasi simcard prabayar

Panduan Melakukan Daftar Ulang Simcard Prabayar Semua Operator – Sejak satu bulan yang lalu tentu kalian sudah mendengar kabar tentang ketentuan registrasi ulang simcard prabayar. Keputusan ini diambil oleh Mekominfo berdasarkan peraturan No 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi. Kini setiap pelanggan yang menggunakan layanan simcard prabayar diharuskan mendaftar dengan menggunakan identitas asli berupa NIK dan juga no KK. Sejak beredarnya rumor ini banyak yang menganggapnya candaan dan hoax, namun pihak Kominfo sendiri sudah mengkonfirmasi akan kebenarannya.

Sistem registrasi dengan identitas asli ini sebenarnya bukan hal baru. Sudah banyak negara maju yang menggunakan sistem ini jauh sebelum Indonesia. Cara ini sudah terbukti efektif untuk menekan tindak kejahatan cyber yang memanfaatkan layanan simcard prabayar. Dan sebenarnya di Indonesia sendiri sistem ini juga sudah cukup lama namun untuk validasinya tidak sebaik sekarang. Dulu kita bisa dengan mudah memasukan data palsu saat registrasi simcard, namun sekarang hal itu tidak bisa karena data akan dicocokan dengan yang ada di database.

DISARANKAN  Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Awet dan Tidak Rusak

cara registrasi simcard prabayar

Berdasarkan informasi resmi, Kominfo memberikan tenggat waktu untuk melakukan registrasi ulang mulai dari tanggal 31 Oktober 2017 hingga 28 Februari 2018. Bagi siapapun yang tidak melakukan pendaftaran ulang dengan menggunakan NIK dan no KK sampai tenggat waktu habis, maka layanan simcardnya akan diblokir secara bertahap. Kominfo sendiri sudah memberikan panduan dan cara untuk melakukan registrasi ulang simcard prabayar. Proses pendaftaran ulangnya pun gratis dan tidak dipungut biaya sedikitpun.

 

Cara Registrasi Ulang Simcard Prabayar Semua Operator Gratis

Berdasarkan informasi resmi yang beredar, setidaknya ada 2 cara untuk melakukan pendaftaran ulang simcard prabayar. Pertama adalah dengan melalui website resmi dari masing-masing operator simcard prabayar. Dan yang kedua adalah melalui format sms yang telah ditentukan oleh masing-masing operator. Selain itu juga ada sedikit perbedaan antara cara pendaftaran pada simcard lama dan baru.

DISARANKAN  Keyboard Iphone Ternyata Punya Mouse Rahasia

cara registrasi simcard prabayar

Tutorial Pendaftaran dan Aktivasi Kartu SIM Baru Menggunakan NIK dan No KK

1) Cara Pendaftaran Simcard Telkomsel

Ketik : REG(Spasi)NIK#No KK#

 

2) Cara Pendaftaran Simcard XL dan Axis

Ketik : REG(Spasi)NIK#No KK#

 

  1. Cara Pendaftaran Simcard Indosat, Smartfren dan Tri

Ketik : NIK#No KK#

 

Kirim format SMS diatas ke nomor 4444 dan silahkan tunggu balasannya. Jika memang data yang kalian masukan asli maka proses pendaftaran akan berhasil.

 

Panduan Daftar Ulang Simcard Prabayar Lama Menggunakan NIK dan No KK

1) Cara Registrasi Ulang Simcard Telkomsel

Ketik : ULANG(spasi)NIK#No KK#

 

2) Cara Registrasi Ulang Simcard XL dan Axis

Ketik : ULANG#NIK#No KK

 

3). Cara Registrasi Ulang Simcard Indosat, Smartfren dan Tri

Ketik : ULANG#NIK#No KK#

DISARANKAN  Tips Memilih Smartphone untuk Aktivitas Gaming

 

Kirimkan SMS tersebut ke 4444, dan sekali lagi pastikan data yang kalian masukan adalah benar dan asli. Tunggu balasan dari operator yang menandakan proses registrasi ulang telah berhasil. Jika kalian sudah memasukan data dengan benar namun proses daftar ulang gagal, silahkan hubungi costumer services dari operator masing-masing atau bisa melakukan pendaftaran ulang melalui agen resmi yang telah disediakan.

 

Demikian panduan lengkap cara registrasi ulang simcard prabayar untuk operator Telkomsel, Axis, XL, Indosat, Tri dan Smartfren. Semoga tutorial diatas dapat memberikan kalian petunjuk bagaimana cara melakukan pendaftaran serta aktivasi nomor baru dengan menggunakan NIK dan No KK. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan mampir ke komentar.

Also Read