Inilah Alasan Kenapa Game Original Lebih Baik daripada Bajakan

0
160

Sudah tak terhitung berapa jumlah game yang telah beredar dengan berbagai genre. Banyak gamer yang mengkoleksi game demi memuaskan hasratnya, namun tidak sedikit orang yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keinginannya salah satunya dengan membajak game. Game bajakan memang sudah menjadi rahasia umum dan banyak beredar di internet. Kamu yang sebelumnya harus membayar untuk bisa memainkan suatu game bisa mendapatkannya secara gratis dengan versi bajakan.

Beredarnya versi bajakan tentu saja berdampak besar pada platform pembuat game tersebut. Tentu saja pendapatan mereka akan jauh berkurang karena banyak yang lebih memilih versi bajakan daripada membeli yang original. Saya akan coba memaparkan alasan-alasan mengapa lebih baik membeli game versi original daripada memakai bajakan. Mari kita simak sebagai berikut.

  • Harga Game Original Tidak Semahal yang Dibayangkan

Alasan utama seseorang memakai versi bajakan biasanya adalah karena menganggap harga originalnya mahal dan tidak mempunyai cukup uang untuk membelinya. Tapi pada kenyataannya harga yang ori tidaklah semahal yang dibayangkan apabila kita tahu caranya misal kita membeli barang second atau saat diskon dan harga promo.

  • Bermain Dengan Versi Original Tidak Ribet

Buat kamu yang tidak mau repot tentu saja rela merogoh saku agak dalam untuk membeli versi original. Jika kamu membeli versi original maka tidak perlu repot setting sana-sini karena tinggal memakainya di perangkat gamingmu.

Berbeda jika kamu memilih versi bajakan maka akan direpotkan dengan berbagai hal cuma agar kamu bisa memainkan gamenya. Contohnya saat kamu ingin memainkan sebuah game PS3 maka kamu harus paham yang namanya EBOOT, BD pancing, install CFW dan lain-lain. Sungguh ribet, tapi jika membeli original tinggal masukin kaset ke konsol dan bisa langsung dimainkan.

  • Bisa Bermain dalam Mode Online

Game online bukan merupakan hal yang baru lagi namun sampai saat ini peminatnya masih terus bertambah. Bagi kamu yang suka bermain dalam mode online maka sebaiknya kamu membeli game original karena hanya game ori saja yang mempunyai fitur bermain secara online contohnya seperti Battlefield, Call of Duty dan Overwatch.

Kalau versi bajakan maka tak akan bisa menikmati mode online ini. Jadi jika kamu sudah menamatkan gamenya akan terasa bosan karena kita hanya bermain sendirian. Sedangkan jika dalam mode online kita bisa bermain bersama teman-teman yang lain jadi tidak akan cepat bosan.

  • Akan Mendapat Update untuk Fix Bug nya

Yang namanya sebuah program baik itu game, aplikasi ataupun yang lainnya ketika dirilis tidaklah langsung dalam keadaan sempurna. Tentu saja setiap program selalu ada bug nya dan para  pengembang terus bekerja agar dapat mengatasi bug tersebut. Game original akan mendapatkan update tersebut agar membuat kegiatan gaming semakin asyik karena bug yang teratasi. Tapi buat kamu yang memakai bajakan ya selamat menikmati bug yang tersedia.

  • Membantu Para Pengembang Game

Para pengembang game itu juga manusia perlu makan minum serta kebutuhan lainnya. Mereka bekerja sebagai pengembang game untuk mendapatkan uang dan memenuhi kebutuhan mereka. Selain itu untuk membuat sebuah game tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Jika tidak ada yang membeli versi original, mereka akan dapat uang darimana? Jika kebutuhan mereka tidak terpenuhi dan tidak punya dana tentu mereka tidak akan membuat dan mengembangkan game lagi. Kita sendiri juga akan rugi karena tak akan ada game baru. Dengan membeli game ori kita secara tidak langsung membantu mereka agar dapat mengembangkan game-game yang lain lagi.

  • Tak Perlu Khawatir Tentang Virus

Untuk versi ori kamu ga perlu khawatir dengan yang namanya virus karena versi ori langsung dikeluarkan oleh pengembangnya jadi dijamin bebas virus. Berbeda dengan versi bajakan, kita tak tahu berasal darimana file bajakan tersebut. Jika ada orang yang berniat jahat dan memodifikasi file game tersebut serta memasukan virus ke dalamnya akan berbahaya bagi perangkat kita. Yang tadinya kita ingin hemat dengan memakai versi bajakan malah tekor karena perangkat rusak terkena virus.

Itulah beberapa alasan mengapa game original lebih baik daripada bajakan. Untuk kesimpulan akhirnya tergantung dari kalian masing-masing mau memakai versi original ataupun bajakan. Semoga informasi tersebut bermanfaat.