Keyboard Iphone Ternyata Punya Mouse Rahasia

0
35
trackpad tersembunyi di iphone

Iphone telah berumur 10 tahun, waktu yang cukup untuknya merajai pasar smartphone. Selama itu, Iphone telah berusaha menciptakan berbagai inovasi demi menciptakan pengalaman terbaik bagi para penggunanya, salah satunya dalam hal mengetik. Sebagai salah satu kegiatan yang tak terlewatkan sebagai pengguna smartphone, mengetik bisa menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menyebalkan.

Iphone berusaha membuat para penggunanya selalu nyaman dalam mengetik. Salah satunya adalah dengan fitur 3D Touch yang dimiliki iPhone 6S, 6S Plus, 7 dan 7 Plus. Fitur ini memungkinkan kita untuk memindahkan kursor dengan mudah, cepat serta presisi.

Di keyboard default Iphone, ada sebuah fitur trackpad tersembunyi yang jarang diketahui orang. Untuk mengaktifkannya tekan tombol apapun sampai ia menjadi blank dan ada semacam getaran kecil (Apple menyebutnya sebagai Taptic Feedback). Setelah itu, keyboard akan berubah menjadi trackpad, kalian bisa menggeser jari untuk memindahkan kursor kemana kalian mau.

Jika ingin menyeleksi teks tertentu, ringankan tekanan kalian pada layar, lalu tekan kembaliĀ  hingga muncul seleksi teks. Fitur ini akan sangat berguna dan mudah digunakan jika kalian sudah terbiasa dengannya.

Apakah Iphone yang lebih tua mempunyai fitur ini? Tidak peduli apapun tipe Iphone yang kalian miliki, ada 2 cara untuk memindahkan kursor. Pertama, dengan menekan pada layar dimana kalian ingin memindahkan kursor tersebut. Cara ini cukup baik namun tidak terlalu akurat.

Cara kedua, tekan dan tahan pada layar untuk memperbesarnya, ini mungkin dapat bekerja dengan lebih baik daripada cara pertama, namun kadang beberapa orang kesulitan menggunakannya.

Sekarang kalian sudah tahu tentang trackpad rahasia yang ada pada Iphone. Silahkan pelajari dan gunakan untuk mempermudah kegiatan mengetik kalian.