Cara Melindungi Komputer dari WannaCry Ransomware

Ransomware

Mungkin beberapa orang masih asing dengan kata-kata Ransomware, namun, virus jenis ini telah menyerang lebih dari 100 Negara di Dunia, termasuk di Indonesia. Pencipta virus Malware telah membuat penyerangan (Cyber Attack) jenis baru yang dinamai Ransomware, virus ini telah menyerang lebih dari 50.000 komputer di seluruh Dunia.

Ransomware WannaCry mengharuskan pemilik komputer yang terkena virus ini untuk membayar sebesar $300, jika tidak membayar, maka seluruh data-data yang ada di komputer akan hilang, namun, NHS (National Health Service) mengatakan, sebaiknya tidak membayar, karena membayar tidak menjamin data-data yang ada di komputer tetap utuh dan kembali seperti sediakala.

DISARANKAN  Cara Registrasi Ulang Simcard Prabayar All Operator!

Komputer yang terkena Ransomware

Berikut ini terdapat beberapa cara untuk mencegah/melindungi komputer dari Ransomware.

  1. Segera Backup Komputer/Laptop

Langkah yang satu ini memerulukan hard drive atau memory penyimpanan yang cukup besar, kalau kamu tidak memikinya, sebaiknya menggunakan layanan Backup gratis seperti Google Drive, Apple iCloud atau DropBox.

2. Update Sistem OperasiĀ 

Cara ini juga dapat mencegah penyerangan virus Ransomware, untuk saat ini dikabarkan seluruh Windows dapat terkena Ransomware. Jika kamu menggunakan Windows 8, sebaiknya tingkatkan menjadi Windows 10, karena dari 50 ribu komputer yang terkena virus ini, rata-rata mereka menggunakan Windows 8.

DISARANKAN  Kombinasi Keyboard yang Bisa Mempercepat Pekerjaan Kalian

3. Hindari Email dan Situs Web Yang Mencurigakan

Email yang berisi tautan-tautan yang tidak jelas biasanya memberikan akses perangkat lunak perusak untuk memasuki komputer kamu dan dapat mengambil data-data yang ada di komputer. Jadi, hindari email seperti itu.

Situs web juga dapat memberikan akses Ransomware ke komputer kamu, seperti yang dikenal dengan istilah web phising. Sebaiknya, hindari membuka website yang berisi tautan-tautan yang tidak seperti pada umumnya.

4. Gunakan Firewall/Anti Virus

Firewall dapat menghindari Ransomware masuk ke komputer kamu, karena Firewall akan mendeteksi dan memastikan tidak ada virus yang masuk ke komputer tanpa sepengetahuan pemilik komputer. Perbaruilah/Update anti virus yang sudah ada, jadi kamu akan aman dari jenis malware/virus terbaru yang dapat merusak komputer. Beberapa Antivirus yang bisa mencegah virus ini antara lain Smadav 2017 (versi bulan ini) dan ESET.

DISARANKAN  Inilah Alasan Kenapa Game Original Lebih Baik daripada Bajakan

Antivirus Pencegah Ransomware

5. Hindari Wifi Gratisan

Bisanya, banyak orang yang menghemat kuota atau irit kuota dan menggunakan wifi gratisan, namun tidak selamanya wifi gratisan dapat menguntungkan, Ransomware ini sebagian besar tersebar melalui sinyal gratisan jenis ini, sekarang sudah terdapat beberapa wifi gratis di Jakarta yang terkena virus Ransomware, jadi hindarilah wifi gratisan sebisa mungkin.