Mempelajari Pemrograman komputer atau Coding. Pemrograman Komputer merupakan bahasa komputer yang digunakan untuk membuat sebuah aplikasi, website, dan berbagai kepentingan lainnya. Sebelum memulainya kita membutuhkan beberapa cara untuk mempelajari dan mempraktekkannya. Untuk mempelajari bahasa pemrograman sendiri dibutuhkan ketelitian, karena tidak jauh berbeda seperti kita mempelajari matematika dan menghafal rumus/kata-kata dasar yang membutuhkan ketelitian. Untuk menguasai bahasa komputer tergantung pada masing-masing individu, mulai dari ketekunan, keseriusan, dan juga konsentrasi yang cukup tinggi. Namun kami tidak membahas ke arah sana, hanya membahas hal yang dibutuhkan sebelum anda memulai belajar pemrograman komputer.

  1. Sebuah Laptop atau Komputer

Perangkat yang dibutuhkan pertama kali adalah laptop atau bisa juga komputer, itu dikarenakan pemrograman komputer butuh ketekunan untuk mempelajarinya. Kita bisa melihat di Social Media para programmer ahli, hampir setiap saat mereka habiskan hari mereka untuk melakukan Coding, biasanya mereka mengerjakan sebuah project yang dikejar deadline atau mungkin menyelesaikan project mereka sendiri yang bisa menghabiskan waktu yang lama. Apabila anda masih menggunakan Handphone atau Smartphone tidak ada salahnya untuk mencoba, namun kami menyarankan agar menggunakan Laptop, karena kedepannya anda akan menyadari pentingnya laptop dalam keseharian anda sebagai Programmer.

  1. Pendamping atau Sumber Ilmu
POSTINGAN TERKAIT  3 Bahasa Programming Yang Sangat Dibutuhkan Pengembang!

Mengapa kami katakan Pendamping? Karena menguasai pemrograman komputer dibutuhkan pendamping, baik itu sebuah Buku Coding atau mungkin Guru. Anda bisa melihat contohnya pada Bill Gates, ketika sedang mempelajari bahasa pemrograman, ia didampingi oleh Paul Allen yang mengajarkannya Coding sehingga ia bisa menciptakan Microsoft atau produknya yang kita kenal dengan Windows. Tapi jangan khawatir, karena anda juga bisa mempelajarinya secara individu melalui Buku Coding yang bisa anda beli di toko Amazon atau eBay secara online, untuk toko buku seperti Gramedi* belum tersedia buku pemrograman yang lengkap. Sedikit tambahan, apabila anda membeli buku di toko online luar negeri, maka anda membutuhkan bank dunia seperti Payoneer ataupun Paypal.

  1. Orang Yang Bertujuan Sama

Ini bisa dikatakan langkah yang penting untuk mengembangkan project anda, memiliki teman yang memiliki kemampuan dan tujuan yang sama akan sangat memudahkan anda untuk mengembangkan project yang dibuat. Apakah anda tahu bagaimana awal berdirinya Tokopedia? Tadinya mereka adalah mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung (ITB), salah satu dari mereka memiliki keinginan untuk membuat sebuah Toko Online di Indonesia, kemudian mereka membuat sebuah perkumpulan dan meminta waktu di setiap kelas-kelas untuk mengungkapkan pemikiran mereka demi mengajak orang untuk bergabung dan menciptakan aplikasi Toko Online yang sekarang ini kita kenal dengan Tokopedia.

  1. Waktu Yang Cukup
POSTINGAN TERKAIT  3 Bahasa Programming Yang Sangat Dibutuhkan Pengembang!

Waktu sangat diperlukan untuk mempelajari bahasa pemrograman komputer, waktu yang sedikit akan mengganggu anda, karena bahasa programming akan selalu teringat dipikiran anda. Mungkin ini terdengar aneh, namun hal ini dibenarkan ketika Mark Zuckerberg yang tadinya kuliah di Universitas Harvard mengajukan keluar karena ingin fokus dengan project yang ia kerjakan yang saat ini kita kenal dengan Facebook. Pasti ada alasan tersendiri mengapa ia keluar dari Harvard, mungkin ia tidak akan mengambil keputusan itu jika ilmu yang ia miliki belum sempurna atau masih banyak kekurangan. Jadi anda tidak seharusnya mengikuti apa yang ia lakukan, karena baik bagi dia belum tentu bagi anda. Pointnya adalah anda harus bisa membagi waktu jika ingin menjadi Programmer.

  1. Bisa Memanfaatkan Peluang

Mungkin kata-kata ini lebih tepat ketika sedang berbisnis, haha. Tapi memang benar, memanfaatkan peluang juga salah satu langkah yang harus diketahui. Berapa banyak orang yang bisa bahasa pemrograman komputer namun tidak mendapatkan project sama sekali? Cukup banyak bukan?!. Mencari tahu aplikasi apa yang sedang dibutuhkan saat ini dan membuat inovasi desain atau fitur kedepannya, itulah yang kami maksud memanfaatkan peluang. Anda bisa melihat perjalanan Bill Gates, Sebelum ia memulai Codingnya, ia sempat membaca sebuah majalah (koran) yang mana tertulis “Sebuah Inovasi Perubahan Komputer Yang Membawa Ke Era Modern”. Ketika itu ia mengatakan ia tidak akan melewatkan moment atau peluang ini, kemudian ia berpikir akan menciptakan Windows. Namun untuk anda yang hanya menunggu project dari sebuah perusahaan, sebaiknya anda melakukan beberapa langkah ini; mengirimkan email ke berbagai perusahaan, bertanya dengan yang berpengalaman, dan menawarkan jasa anda lewat eBay atau situs lainnya.

POSTINGAN TERKAIT  5 Mitos dan Kesalahpahaman Tentang Dunia Programming

Itulah beberapa panduan untuk Mempelajari Pemrograman atau Coding, yang terpenting dalam mempelajari pemrograman komputer adalah ketekunan dan sumber ilmu yang cukup. Mungkin postingan mengenai Mitos Dunia Programming ini juga dapat memecahkan rasa penasaranmu akan Program Komputer.