Inilah Salah Satu Pendiri Apple Yang Tidak Menggunakan iPhone

    0
    26

    Ronald Wayne tinggal di sebuah rumah kecil di kota Pahrump, Nevada. Perancang sekaligus insinyur ini merupakan salah satu pendiri asli dari perusahaan Apple. Namun saat ini ia dikenal sebagai “orang yang sial” karena menjual 10% saham perusahaannya hanya seharga $800, tepat 12 hari setelah didirikannya perusahaan tersebut di tahun 1976. Jika Wayne tidak menjualnya, saat ini diperkirakan saham miliknya akan bernilai $67 miliar atau lebih dari 871 triliun rupiah.

    Namun Wayne tidak pernah menyesali keputusannya tersebut, di tahun-tahun berikutnya, ia mulai menerbitkan dua buku, salah satunya adalah Adventures of An Apple Founder. Awalnya Wayne bertemu dengan Steve Jobs saat bekerja di Atari, dan menurutnya ia bergabung dengan Apple untuk membantu menyelesaikan perselisian antara Jobs dan Steve Wozniak.

    Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh Motherboard dengan Ronald Wayne, beberapa pertanyaan yang banyak membuat orang penasaran pun terjawab. Tentang masa mudanya bersama Apple, pandangannya tentang teknologi jaman sekarang dan alasan mengapa ia tidak menyesal ketika meninggalkan Apple yang kini menjadi salah satu raja di dunia teknologi. Berikut ini wawancara Motherboard bersama Ronald Wayne yang berhasil Gavetions rangkum.

     

    Motherboard :

    Ketika Apple sudah menjadi sebuah perusahaan raksasa, apakah Steve Jobs atau Steve Wozniak pernah memberi penawaran kembali kepada anda?

    Ronald Wayne :

    Jobs kembali bertemu denganku sekitar 3 kali, kami makan siang bersama dan ia menawarkan sebuah pekerjaan untukku di Apple. Dan setiap kali Jobs melakukannya, jawabanku selalu “tidak”. Namun Jobs tidak pernah menawarkan uang lebih kepadaku.

    Motherboard :

    Produk Apple yang sedang anda gunakan sekarang?

    Ronald Wayne :

    [Tertawa] aku tidak pernah memiliki satupun produk dari Apple dalam hidup aku, bahkan aku tidak memiliki computer sampai pertengahan tahun 90an.

    Motherboard :

    Apakah anda memiliki penyesalan dalam hidup anda?

    Ronald Wayne :

    Ya, salah satunya adalah aku harus menjual sebuah rumah di Florida. Namun apakah aku menyesal ketika menjual saham di Apple? Tidak, itulah jawaban yang selalu aku katakan bahkan sampai aku mati. Ada beberapa alasan mengapa aku memisahkan diri dari Apple, salah satunya adalah karena computer bukanlah jalanku. Saat itu aku sudah berumur 40 tahun, sedangkan Jobs dan Wozniak masih 20 tahun, hal ini menjadi salah satu alasannya.