Dota 2 terdiri dari beberapa mode permainan: “Solo MMR, Party MMR, All Pick, Single Draft dan lain-lain”. Tier MMR baru-baru mulai digunakan di Dota 2, sehingga untuk menentukan kehebatan pemain bukan menggunakan angka lagi, melainkan dengan Divisi. Diantara semua mode/tipe tersebut, terdapat beberapa mode yang sangat di unggulkan, diantaranya adalah Solo MMR dan Party MMR. Dari berbagai mode permainan atau tipe permainan di Dota 2, hanya 2 mode yang diunggulkan, diantaranya adalah Solo MMR. Solo MMR adalah jumlah angka yang digunakan untuk menentukan/memperkirakan kehebatan pemain.

Dalam permainan Dota 2, mode permainan yang diunggulkan dari permainan lainnya adalah Solo MMR. Karena Solo MMR bukan hanya sekedar angka untuk memperkirakan kehebatan atau kemampuan pemain, melainkan untuk mendapatkan lawan yang seimbang, mencatat rating atau peringkat (divisi tertinggi) di leader board Dota 2. Bukan hanya itu, banyak pemain-pemain hebat Dota 2 yang diundang untuk bergabung ke tim atau club besar Dota 2 karena mempunyai Rate Solo MMR yang tinggi.

Solo MMR sangatlah penting untuk mengetahui kemampuan para pemain Dota 2, sedangkan pengertian Solo MMR adalah tingkatan divisi yang digunakan untuk menentukan atau memperkirakan kehebatan pemain. Berikut ini beberapa pertanyaan-pertanyaan dasar yang mungkin kalian tanyakan tentang Solo MMR, simak selengkapnya dibawah ini :

POSTINGAN TERKAIT  Boost Rank Tier Archon? Inilah Hero Dota 2 Yang Tepat!

1. Apakah Solo MMR Menentukan Skill/Kemampuan Musuh Yang Setingkat Di Semua Mode ?

MMR memang menentukan kemampuan musuh yang setingkat dengan kita, baik di Solo MMR ataupun Party MMR. Namun, bukan hanya di mode MMR, Solo MMR juga berpengaruh di semua mode yang ada. Jika id kalian belum bisa Ranked Match (Solo MMR & Party MMR) maka penentuan skill pemain lawan yaitu dengan memperhitungkan AVG & XPM kalian dan sistem akan menyesuaikan musuh sesuai dengan tingkatan atau jumlah yang sama.

2. Kalau Kemampuan Musuh Sama Dengan Kemampuan Tim, Bukankah Akan Menjadi Lawan Yang Sengit ?

Tidak juga, dalam permainan Solo MMR bukan hanya kemampuan yang membuat cepat atau lambatnya sebuah pertandingan, karena tidak semua pemain berada dipuncak permainannya, para pemain yang berada dalam pertandingan pasti mengalami situasi yang berbeda-beda, jadi bukan hanya faktor kemampuan yang menentukan cepat atau lambatnya sebuah permainan atau pertandingan, melainkan faktor situasi/keadaan, kefokusan para pemain, puncak kemampuan para pemain dan lain-lain.

3. Apakah Solo MMR Bisa Dirubah Atau Menetap (Tidak Bisa Dirubah) ?

Solo MMR dapat dirubah dengan memenangkan mode Ranked Match>Solo MMR, jika memenangkan pertandingan Ranked Match, maka divisi Solo MMR kalian akan bertambah, misalkan jika tadinya Crusader Bintang satu, maka akan menjadi Crusader Bintang dua dan seterusnya sampai Bintang lima, setelah mencapainya, divisi kalian akan meningkat ke tahap selanjutnya.

POSTINGAN TERKAIT  Inilah!! Build Item & Hero Untuk Boost Tier Legend Dota 2

4. Bagaimana Cara Memenangkan Solo MMR Dengan Mudah ?

Terdapat banyak cara untuk memenangkan pertandingan Solo MMR, diantaranya adalah memperhatikan komposisi tim (Carry, Suppport, Pusher, Disabler dan sebagainya) Jika komposisi tim kalian stabil, maka peluang untuk memenangkan Solo MMR tergolong tinggi. Cara lain untuk memenangkan Solo MMR yaitu dengan memilih hero tipe Pusher, tanpa hero pusher tim akan mengalami kesulitan aat menghancurkan tower-tower musuh. Dan perlu diingat jika kalian memilih atau pick hero Support, maka kalian harus mengikuti atau berdekatan dengan hero tipe Carry, kegunaan Support sangatlah penting dalam kerjasama tim. Sebagai tipe Support, kalian harus membeli Ward (untuk menerangi map dan mengetahui pergerakan musuh), Dust (untuk melihat musuh yang menghilang) dan item-item Support lainnya yang berguna untuk mensupport hero bertipe Carry.

5. Apa Maksud dan Penjelasan Bracket Normal Skill, High Skill atau Very High Skill ?

Bracket Normal Skill, High Skill atau Very High Skill adalah perkiraan skill sesuai dengan MMR dan dari cara kalian bermain pada saat pertandingan atau permainan tersebut. Kategori-kategori tersebut ada yang berasal dari Solo MMR dan juga dari cara bermain. Karena kita sedang membahas Solo MMR Dota 2, maka saya hanya akan membahas Penjelasan Bracket yang berhubungan dengan MMR.

POSTINGAN TERKAIT  7 Hero Dota 2 Terbaik Untuk Up Rank

Normal Skill : Herald – Guardian

Rata-rata pemain di range MMR Herald dan Guardian merupakan pemain mempunyai skill panduan dasar game, pada tingkat ini rata-rata para pemain memilih hero bertipe Carry.

High Skill : Crusader – Archon

Di Solo MMR ini, para pemain telah memahami panduan dasar dan bagaimana permainan tersebut bekerja, pemain saling mengisi atau melengkapi kekosongan yang ada ditimnya, misalkan para pemain dalam satu tim memilih carry, maka pemain yang terakhir memilih hero akan memilih hero bertipe Support agar membuat komposisi tim stabil.

Very High Skill : Legend – Ancient – Divine

Solo MMR dengan bracket Very High Skill ini para pemain benar-benar mengetahui permainan, built item yang diperlukan, serta komunikasi antar sesama tim.