PewDiePie Dipecat Disney Karena Leluconnya

0
76

Siapa yang tak mengenal PewDiePie, seorang youtuber dengan pendapatan terbesar di dunia. Tercatat pada tahun 2014 penghasilan PewDiePie mencapai angka 4 miliar rupiah/bulan. Kepopuleran sosok dengan nama asli Felix Arvid Ulf Kjelberg ini karena dalam setiap video yang diunggahnya terdapat hal-hal menarik dan kadang membuat tertawa. Namun tak jarang video yang diunggah oleh PewDiePie menuai kontroversi.

Belum lama ini PewDiePie membuat video yang kontroversional tentang anti-semitic (anti bangsa yahudi). Video berjudul Death to All Jews yang seharusnya menjadi lelucon malah berakibat buruk terhadap dirinya. Dalam video tersebut terlihat  dua orang Indian memegang sebuah kertas yang bertuliskan sama dengan judulnya. PewDiePie membuat video tersebut sebagai sebuah lelucon, tapi dimana lucunya? Banyak orang mempertanyakan hal tersebut.

Menanggapi hal tersebut Disney selaku pemilik Maker Studios yang merupakan perusahaan network tempat dimana PewDiePie bekerja sama langsung menghapus video tersebut. Tak berhenti disitu pihak Disney pun memutuskan untuk memecat youtuber nomor satu tersebut.

“Walaupun Felix sudah banyak membuat video yang kontroversional tapi kali ini benar-benar melampaui batas.” Kata perwakilan pihak maker studios.

Bagi kalian yang penasaran dengan video tersebut bisa menontonnya DISINI

Sebelumnya pun PewDiePie sudah membuat video dengan konten yang serupa. Salah satunya video dimana ada seseorang yang berpenampilan seperti Jesus yang mengucapkan “Hitler did nothing wrong”, namun video tersebut sudah dihapus oleh PewDiePie sendiri.

Bukan hanya PewDiePie yang terkena imbas dari video kontroversional tersebut, dua orang yang memerankan orang indian dalam video tersebut pun juga terkena imbasnya. Mereka dibanned dari tempat freelancing website dimana PewDiePie menyewa mereka, namun keduanya telah membuat video permintaan maaf. Mereka mengatakan tidak mengerti maksud dan konteks yang terkandung dalam video tersebut karena keterbatasan bahasa.

PewDiePie sendiri juga menanggapi hal tersebut lewat web tumblr. Ia mengatakan bahwa video tersebut tak dimaksudkan untuk menyerang suatu golongan. Video tersebut dimaksudkan hanya sebagai sebuah lelucon, ia sendiri paham bahwa konten video tersebut terkesan offensive terhadap golongan tertentu. Tapi ia yakin bahwa penggemarnya paham akan leluconnya dan tak ada maksud menyerang golongan tertentu.

Namun tampaknya PewDiePie sendiri tak terlalu ambil pusing dengan keputusan Disney untuk memecat dirinya. Masih banyak network lain yang tertarik dengan bakat pria asal Swedia tersebut. Bagaimana menurut kalian?