Qualcomm dan EE Uji Coba Jaringan 5G Gigabit Pertama Di Eropa

Ujicoba jaringan 5G

Kita berada satu langkah lebih dekat dengan jaringan 5G setelah pengumuman yang dilakukan Qualcomm dan EE baru-baru ini. Kedua perusahaan tersebut telah bekerja sama dengan Sony untuk memamerkan jaringan LTE Gigabit secara komersial pertama di Eropa. Teknologi ini akan menawarkan kecepatan download mobile yang jauh lebih cepat daripada jaringan 4G.

Dalam sebuah tes di Stadium Wembley London, jaringan baru tersebut mampu mencapai kecepatan download 698MBps. Dengan kecepatan tersebut kita bisa mendownload sebuah film beresolusi 4K hanya dalam hitungan detik.

DISARANKAN  Cara Mengoptimalkan Kecepatan Download Game Steam di Windows 10

Pengujian tersebut dilakukan menggunakan smartphone Sony Xperia XZ Premium yang didukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 835. Dengan hasil ujicoba yang pernah mencapai angka 750MBps, hal ini membuat kita menjadi lebih dekat dengan jaringan 5G yang diperkirakan akan rilis 2020 mendatang.

“Gigabit LTE jelas merupakan sebuah batu loncatan yang baik untuk mencapai jaringan 5G.” Kata Roberto Di Pietro, wakil presiden pengembangan bisnis Qualcomm Eropa pada uji coba tersebut.

DISARANKAN  Kaca Spion Pintar dari Xiaomi Ternyata Bisa Lakukan Hal Ini!

“Teknologi ini bukan hanya sekedar kecepatan, tapi juga tentang cakupan serta mampu memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna.” Lanjutnya.

Di Pietro mengatakan bahwa teknologi tersebut tidak hanya akan terbatas pada wilayah Inggris saja. Sejauh ini ada 37 negara yang memiliki infrastruktur untuk menjalankan jaringan Gigabit LTE. Saat ini ada 26 operator dari 18 negara yang telah melakukan uji coba, hal ini tentu akan membuat pengembangannya jauh lebih cepat.

DISARANKAN  AxiDraw V3, Mesin untuk Menulis dan Menggambar Layaknya Manusia

EE sendiri merupakan operator pertama yang mendukung koneksi Cat 16 LTE, cakupan jaringan 4G mereka juga telah meliputi 97% wilayah Inggris. Semoga pengembangan teknologi tersebut bisa berjalan dengan baik sehingga kita dapat merasakan jaringan yang super cepat.