SteelSeries Rival 500, Mouse Gaming Terbaik Untuk Game MOBA/MMO

0
76

Kegiatan gaming akan terasa lebih seru jika didukung dengan perangkat berkualitas baik, salah satunya adalah mouse. Banyak sekali jenis mouse gaming yang ditawarkan oleh berbagai vendor dan semua memiliki kelebihan masing-masing. Jika kamu bingung memilih mana mouse gaming yang cocok, saya rekomendasikan SteelSeries Rival 500.

Mouse gaming SteelSeries Rival 500 ini termasuk ke dalam kelas menengah ke atas. Maka dari itu kamu harus merogoh kocek cukup dalam untuk memilikinya dengan kisaran harga Rp 950.000. Tak perlu heran dengan harga tersebut karena SteelSeries Rival 500 ini diklaim sebagai mouse gaming terbaik untuk game MOBA/MMO.

Seperti apa sih spesifikasi SteelSeries Rival 500 ini sehingga diklaim sebagai mouse gaming terbaik untuk game MOBA/MMO? Kali ini Gavetions akan mencoba mereview perangkat ini, siapa tahu kamu bakal tertarik untuk membelinya, mari kita simak.

Desain SteelSeries Rival 500

Mouse ini didesain dengan sangat elegan, keren serta nyaman untuk digunakan. Menurut penuturan banyak gamer dikatakan bahwa rival 500 ini lebih nyaman daripada kakaknya rival 700 karena mempunyai penyangga jempol. Di bagian bawah penyangga jempol tersebut terdapat sebuah switch yang bisa kamu ubah menjadi tombol macro saat diperlukan.

desain

Di bagian palm menggunakan bahan karet sehingga terasa lembut serta sudah dilengkapi dengan lampu iluminasi RGB yang membuat tampilannya semakin keren. Pokoknya kamu akan jatuh cinta dengan desain dari SteelSeries Rival 500 ini.

desain

Agar kamu lebih yakin, dibawah ini saya sertakan spesifikasi desain SteelSeries Rival 500.

Material Plastik, Finishing Karet Matte
Desain Ergonomis Tangan Kanan
Grip Style Palm, Claw, Fingertip
Jumlah Tombol 15 Buah
MTBF 30 Juta Kali Klik
Berat 129 Gram
Dimensi 118.75mm x 78.34mm x 43.34mm
Panjang Kabel 2 Meter

 

Sistem Sensor

sensor

Walaupun SteelSeries Rival 500 belum memakai system sensor laser akan tetapi keakuratannya sangat luar biasa. Bisa dibilang mouse gaming ini sangat cocok untuk game FPS seperti Battlefield 1. Kamu juga bisa melakukan penyesuaian CPI, Pooling Rate, Akselerasi, Deselerasi hingga Angle Snipping dengan software dukungan SteelSteries Engine 3.

sensor

Berikut spesifikasi lengkap sensor yang digunakan SteelSeries Rival 500.

Nama Sensor PixArt PMW3360
Tipe Sensor Optical
CPI (Counts Per Inchi) 100 to 16.000
IPS (Inches Per Second) 300
Akselerasi 50g
Akselerasi Hardware 0
Pooling Rate 1ma (1000Hz)
Tracking Accuracy 1:1

 

Fitur Lainnya

  • Tactile Alert

Tactile

Fitur yang terdapat pada SteelSeries Rival 500 ini memungkinkan mouse tersebut bergetar saat terjadi sesuatu dalam game. Tentu hal tersebut akan sangat membantu, namun sayangnya fitur ini hanya berfungsi untuk game Dota 2, CS:GO, dan Minecraft tidak seperti gamepad PS4 yang berfungsi pada semua game.

  • Tombol Macro

tombol macro

Kamu akan mendapati sekitar 15 tombol macro ditambah scroll up down yang semua bisa kamu kustom sesuai kebutuhan. Inilah kenapa mouse tersebut diklaim sebagai mouse gaming terbaik untuk MOBA dan MMO karena pada dasarnya game genre tersebut membutuhkan banyak tombol shortcut.

  • Custom Name Plate dan Lampu RGB

custom nameplate

Jika kamu perhatikan, ada sebuah name plate Rival di bagian belakang mouse ini yang bisa kamu ganti dengan name plate buatan kamu. Mouse ini juga memiliki lampu iluminasi RGB yang mana warnanya bisa kamu cocokan dengan perangkat PC/laptop agar terlihat serasi.

  • List Fitur Lengkap
  • Gamesense Support
  • SteelSeries Engine Support : SSE3
  • Tactile Alert Customization
  • Multiple CPI Options
  • Onboard Profile Storage
  • Progammable Buttons
  • Acceleration Customization
  • Deceleration Customization
  • Printable 3D Nameplate
  • Color Options : 16.8 Milion
  • Kesimpulan

Hmm… Jika disuruh memberi nilai maka SteelSeries Rival 500 ini akan saya beri nilai 9 dari 10. Hampir mendekati sempurna, julukannya sebagai mouse gaming terbaik untuk game MOBA dan MMO bukanlah sebuah isapan jempol belaka. Dengan segudang fitur yang dimilikinya akan membuat kegiatan gaming semakin seru.

 

Itulah sedikit review tentang mouse gaming SteelSeries Rival 500 yang mungkin bisa menjadi referensi bagi kamu yang sedang mencari mouse gaming. Jika kamu punya rekomendasi mouse gaming lainnya bisa kamu tinggalkan di komentar. #salamgamer