Semua Hal Tentang Ransomware NotPetya yang Harus Kalian Ketahui

informasi ransomware notpetya

Setelah serangan Wannacry, baru-baru ini muncul ransomware jenis baru yang dijuluki NotPetya menyerang banyak computer di seluruh dunia. Laporan pertama muncul dari Rusia dan Ukraina, namun kini NotPetya telah menyebar ke AS, Inggris, Denmark, Polandia, Italia, Jerman dan Perancis. Ransomware ini cukup menimbulkan kegaduhan yang luar biasa di seluruh dunia.

Jika kita perhatikan, ransomware menjadi ancaman serius, beberapa bulan lalu Wannacry melumpuhkan British National Health Service selama beberapa hari. Dan kini NotPetya ingin kembali menimbulkan kekacauan sama seperti yang ditimbulkan Wannacry.

 

Apa itu Ransomware?

Mungkin ada dari kalian yang belum tahu apa sebenarnya arti dari ransomware. Secara sederhana ransomware adalah salah satu jenis dari malware yang setelah menginfeksi akan mengenkripsi data yang ada dalam hard drive kalian. Semua data yang kalian miliki akan terkunci sampai tebusan yang mereka minta dibayar. Jika kalian tidak setuju membayar tebusan, maka semua data tersebut akan hilang secara permanen.

DISARANKAN  Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia

 

Apa Itu Petya?

Petya adalah varian ransomware yang pertama kali ditemukan tahun 2016, merupakan malware yang lebih canggih daripada yang pernah ada namun memiliki keterbatasan dalam jangkauan.

 

Apa Itu NotPetya?

Jenis ransomware yang kini menghebohkan dunia bukanlah Petya, meskipun menyerupai namun malware tersebut adalah jenis baru yang belum pernah ada. Karena hal itulah Kaspersky menamainya sebagai NotPetya. Namun ada sebutan lain untuk malware ini seperti Petrwrap, Petnap, Pneytna, ExPetr dan GoldenEye.

DISARANKAN  Apakah Yakin OS Linux Lebih Aman Dari Yang Lainnya?

Walaupun berbagi DNA yang sama dengan Petya, dipastikan malware ini merupakan jenis baru. Dengan cara kerja yang sama yaitu mengenkripsi data kalian lalu meminta uang tebusan. Para pelaku biasanya meminta tebusan dalam bentuk bitcoin senilai $300.

 

Bagaimana Cara Melindungi Komputer Dari Serangan Malware?

Ransomware merupakan malware jahat yang akan menargetkan siapa saja tanpa pandang bulu dan tanpa ampun. Oleh karena itu kalian harus waspada agar tidak jatuh ke dalam jebakan, berikut sedikit tips untuk meminimalisir terkena serangan malware.

  • Cadangkan data penting kalian secara teratur
  • Biasakan untuk mengupdate OS agar bug yang ada menjadi hilang
  • Gunakan antivirus yang ampuh
  • Berhati-hatilah saat membuka email karena bisa saja berisi jebakan
  • Selalu waspada ketika beraktivitas online
DISARANKAN  Trump Berbicara ke Putin Untuk Menciptakan "Unit Keamanan Cyber"

Beberapa tips diatas mungkin tidak menjamin kalian lepas dari ancaman ransomware, namun hal tersebut akan meminimalisir resiko. Jika kalian sudah terlanjur terinfeksi, jangan mau membayar denda sepeserpun kepada pelaku. Cukup lakukan hal berikut ini.

  • Putuskan computer kalian dari sambungan internet
  • Format hard drive yang terinfeksi
  • Instal ulang windows
  • Restore file yang telah kalian backup sebelumnya