Siapa Itu Gabe Newell dan Kenapa Gamer Harus Tahu?

0
616
siapa itu gabe newell

Di setiap bidang teknologi, kita selalu memiliki seorang tokoh yang menjadi figure. Untuk PC, laptop dan smartphone, nama Bill Gates dan Steve Jobs tentu sudah tak asing lagi bagi kita. Bagi penggemar social media, Mark Zuckerberg menjadi salah satu nama paling terkenal diantara mereka. Sedangkan nama Gabe Newell sering disebut di kalangan para gamer, siapa sebenarnya orang tersebut?

Gabe Newell bukanlah seorang jenius yang berada dibalik konsol Xbox, Playstation ataupun Nintendo. Ia juga bukan orang yang berada dibelakang franchise game Call of Duty. Namun lebih penting dari semua itu, Gabe Newell adalah orang yang peduli terhadap para gamer PC. Ia mengantarkan barang yang kita inginkan dan harapkan melalui perusahaan miliknya, Valve. Kita akan menguak sedikit demi sedikit tentang dunia Valve, Steam dan Gabe Newell itu sendiri.

 

Siapa Itu Gabe Newell?

Gabe Newell merupakan seorang lulusan Universitas Harvard yang telah bekerja di Microsoft selama 13 tahun. Setelah keluar dari Microsoft, ia bersama seorang temannya yang juga karyawan Microsoft, memutuskan untuk membangun sebuah studio game Valve Software pada tahun 1996.

Game pertama yang Valve kembangkan berjudul Half-life, dan saat ini game tersebut menjadi salah satu game FPS terbaik yang pernah ada. Sejak saat itu, tim Valve mulai mengembangkan banyak game lain seperti Counter Strike, Portal dan Left 4 Dead. Daftar tersebut telah memanjakan para penggemar game FPS di seluruh dunia.

 

Apa itu Steam?

Kata “steam” begitu sering terdengar di kalangan para gamer, apasih arti dari kata tersebut? Steam merupakan klien dari Valve yag menangani distribusi digital, pengelolaan hak dan komunikasi untuk lebih dari 50 juta gamer di seluruh dunia. Platform ini telah dilihat lebih dari 6,6 juta gamer dan merupakan salah satu pasar distribusi digital terbesar dalam hal gaming.

Steam adalah aplikasi yang tersedia untuk Windows, OS X, Linux dan kini telah dikembangkan untuk masuk ke konsol. Di desktop dan laptop, Steam bisa kalian unduh dan membuat akun gratis hanya dalam hitungan menit. Dengan berbekal akun tersebut, kalian bisa mengakses ribuan game dari semua etalase yang tersedia di Steam.

Sekarang kalian sudah mengenal sosok Gaben, Aplikasi Steam, dan Valve. Tidak ada salahnya untuk mengetahui informasi tentang pendiri serta game yang kita mainkan, karena hal tersebut akan membuat kita menjadi lebih yakin ketika akan melakukan transaksi dan juga kita dapat mengetahui tujuan utama dari pendirian portal game tersebut.