Tips Memilih Smartphone untuk Aktivitas Gaming

Jaman dulu kalau berbicara soal game yang terbayang adalah sebuah konsol atau PC, namun dengan perkembangan teknologi kini dunia game pun juga berkembang pesat. Berkembangnya konsol-konsol lama ataupun munculnya konsol baru memberikan nuansa segar pada dunia game, selain itu sekarang sudah ada yang namanya PC gaming yang tentu saja difokuskan untuk aktivitas gaming.

Tak mau kalah dengan konsol dan PC, produsen smartphone pun ikut berlomba untuk membuat smartphone yang dapat memuaskan hasrat gaming penggunanya. Perkembangan system operasi maupun hardware smartphone membuat mobile gaming menjadi semakin memuaskan khususnya yang saat ini dikuasai duo Samsung dan Apple (Android dan IOS).

Kini spesifikasi smartphone sudah jauh berkembang, mulai dari prosesor yang bisa mengimbangi atau bahkan mengalahkan sebuah PC, pengembangan OS yang beragam serta penambahan RAM maupun internal yang akan mendukung kinerjanya. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih smartphone untuk aktivitas gaming? Berikut beberapa tips untuk memilih smartphone gaming.

  1. Prosesor dan Chipset

Sebuah smartphone tak akan berfungsi jika tidak ada yang menjadi “otaknya”. SoC (System on Chip) merupakan bagian dalam sebuah smartphone yang berfungsi menjadi otak. Soc ini terdiri beberapa bagian dengan fungsi yang berbeda-beda seperti prosesor, chipset, GPU, modem serta komponen pendukung lainnya.

DISARANKAN  Spesifikasi Smartphone Nokia 6

Masih banyak pengguna smartphone yang belum dapat membedakan antara prosesor dan chipset atau malah ada yang menganggap keduanya adalah sama. Prosesor itu yang jenisnya seperti single-core, dual-core, quad-core, hexa-core, octa-core dan deca-core. Sedangkan chipset itu ada beberapa merek dan model yang berbeda contohnya MediaTek Helio X25 dan Qualcomm Snapdragon 820.

2. Semakin Banyak Jumlah Core Maka Performa Makin Bagus?

“Wahh smartphone ini memakai prosesor quad-core pasti lebih baik daripada yang dual-core”, masih banyak orang (termasuk saya sebelumnya) yang percaya bahwa semakin banyaknya jumlah core maka akan membuat performa smartphone tersebut semakin baik. Disini saya tegaskan, jumlah core bukanlah jaminan sebuah smartphone akan menjadi lebih cepat atau tidak. Jangan hanya menilai prosesor dari jumlah core nya saja.

3. Pilih Chipset yang Sesuai

Selain prosesor, chipset juga merupakan inti dari sebuah smartphone dan inilah yang menentukan performa dari smartphone tersebut. Untuk kalangan smartphone ada dua jenis chipset yang paling umum yaitu MediaTek dan Qualcomm. Sampai saaat ini versi terbaru untuk jenis MediaTek adalah Helio X25 dengan prosesor deca-core dan untuk Qualcomm adalah Snapdragon 820 dengan prosesor quad-core nya. Tentu versi baru tersebut lebih mahal dan jika kamu mempunyai budget yang terbatas bisa mencoba versi sebelumnya seperti seri Snapdragon 800, 600, 400 atapun 200.

DISARANKAN  Para Pemilik Google Mengaktifkan Bluetooth di Beranda Mereka

4. Tentukan RAM dan Internal Storage

Ram digunakan untuk menyimpan data sementara sebelum diproses oleh prosesor dan GPU. RAM dengan kapasitas yang lebih besar tentu akan lebih baik (diimbangi dengan prosesor dan chipset yang tepat). Untuk memainkan game-game jaman sekarang yang sudah HD dan tergolong berat disarankan untuk mencari smartphone dengan RAM 2GB atau 3GB.

Sementara Internal Storage berfungsi menyimpan data secara permanen. Jika ingin memainkan game-game HD maka disarankan memilih smartphone yang memiliki internal diatas 16GB karena game-game jaman sekarang mempunyai ukuran data yang besar.

5. Kenali GPU (Graphics Proccesing Unit)

Apa fungsi GPU? Hamper mirip dengan CPU yaitu memproses data namun GPU hanya berfokus pada graphic. Game-game jaman sekarang sudah berlabel HD, jika ingin merasakan grapic yang bagus maka kamu harus memilih GPU yang tepat. Dengan GPU yang bagus maka efek-efek dalam game akan semakin real dan smooth. Namun sekarang kamu ga perlu susah-susah mikir buat milih GPU. Karena GPU sudah satu set dalam sebuah SoC jadi jika chipsetnya bagus maka sudah pasti GPU nya juga.

DISARANKAN  Apple iMac Pro, Komputer Mac Terbaik

6. Layar dan Baterai

http://home.bt.com/images/make-your-smartphone-battery-last-longer-136392526648503901-140808144902.jpg

Resolusi sebuah smartphone sudah sangat beragam. Untuk mengimbangi game-game jaman sekarang disarankan untuk memilih smartphone dengan layar beresolusi 720p atau 1080p. Jika budget kamu lebih besar bisa mencari yang beresolusi Quad HD untuk menikmati grafis yang lebih wow.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Pro

Komponen yang tak kalah penting lainnya adalah baterai. Sekarang banyak beredar baterai dengan kapasitas yang beragam mulai dari 1.300 mAh. Untuk mendukung kegiatan gaming kamu disarankan memilih baterai diatat 3.000 mAh.

Demikian tips-tips memilih smartphone untuk kegiatan gaming. Semoga informasi diatas bisa membantu kamu yang sedang bingung menentukan smartphone untuk gaming.