Trik Merubah Laptop Biasa Menjadi Laptop Gaming

0
331

Berbicara soal laptop gaming banyak orang yang menganggap bahwa laptop gaming hanya bisa digunakan untuk bermain game. Anggapan tersebut tidaklah 100% benar, sebenarnya laptop gaming itu sama saja dengan laptop pada umumnya akan tetapi memiliki spesifikasi dan kemampuan yang diatas rata-rata serta bukan hanya digunakan untuk kegiatan gaming.

Jika sama saja dengan laptop biasa kenapa disebut laptop gaming? Ya karena game lah yang dijadikan patokan akan kemampuan laptop tersebut. Lalu kenapa harus game? Karena game jaman sekarang membutuhkan spesifikasi dan kemampuan yang diatas rata-rata. Jika mampu menjalankan game-game berat maka dapat dipastikan performa laptop tersebut termasuk diatas rata-rata.

Kunci laptop gaming ada pada GPU (Graphic Proccesor Unit) atau dulu disebut VGA card, Prosesor, Chipset, RAM, serta HDD. Laptop gaming mempunyai harga yang beragam sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan isi kantong. Ada yang dibanderol mulai dari 4-5 jutaan untuk spesifikasi yang lumayan dan untuk kaum berkantong tebal ada ASUS ROG GX800VH  yang jika di overclock mampu mencapai kecepatan 4,4 GHz dengan harga menembus 81 juta rupiah.

Buat kaum berkantong tipis mungkin memiliki laptop dengan harga selangit hanyalah sebuah angan-angan. Tapi bagi kamu yang hanya mempunyai laptop biasa dan ingin memainkan game yang berat akan saya beri tips menyulap laptop biasa menjadi laptop gaming dengan budget yang murah. Penasaran? Berikut beberapa perangkat yang akan mendongkrak performa laptop kamu.

  • EXP GDC Beast V8

Perangkat ini merupakan salah satu perangkat yang paling popular saat ini. Perangkat ini jika di pasang di VGA desktop kamu akan membuat performanya semakin baik, selain itu harganya pun sangat murah berkisar Rp 500.000,00.

EXP GDC Beast V8 ini tersedia dalam dua tipe koneksi yaitu express card dan mini PCle. Sebelum membeli sebaiknya cek dahulu laptop kamu, namun tidak perlu khawatir karena biasanya dua tipe tersebut mendukung mayoritas laptop jaman sekarang. Untuk express card tidak masalah type 34 atau 54 dan untuk tipe mini PCle biasa digunakan laptop untuk wifi.

Dengan menggunakan perangkat tersebut akan membuat performa laptop kamu semakin baik. Akan tetapi dengan harga segitu sebaiknya kamu tidak terlalu berharap karena perangkat ini hanya mampu menyamai kecepatan PCle generasi pertama. Meski begitu jangan berkecil hati karena hal tersebut sudah cukup jika untuk memuaskan rasa penasaran kamu.

  • BPlus PE4C

Perangkat ini mempunyai banyak versi dan di setiap versinya mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Jenis yang biasanya digunakan untuk kasus ini adalah BPlus PE4C V3. Perangkat ini juga tersedia dalam tiga jenis koneksi yaitu express card, mini PCle dan PCle x1. Jenis express card dan mini PCle lah yang umum digunakan sedangkan jenis PCle x1 hanyalah sebagai pelengkap dan jarang digunakan di laptop.

Untuk kamu yang tertarik ingin mencoba perangkat ini harus merogoh kocek yang lumayan dengan kisaran harga 1,5 juta rupiah.  Meski uang yang harus dikeluarkan lumayan tapi sebanding dengan kepuasan yang akan didapat karena BPlus PE4C ini mampu mengadaptasi kecepatan PCle generasi ketiga.

  • Akitio Thunderbolt

Yang ketiga ini biasanya digunakan untuk perangkat macbook, tapi jangan khawatir karena bisa juga digunakan di laptop biasa. Akitio Thunderbolt tersedia dalam dua jenis koneksi yakni thunderbolt ½ dan thunderbolt 3. Jadi sebelum membeli perangkat ini cek dahulu jenis mana yang support laptop atau macbook kalian.

Disarankan: Spesifikasi Notebook Acer Aspire E5

Untuk urusan harga kalian harus merogoh kocek yang cukup dalam karena akitio thunderbolt ini dibanderol dengan harga sekitar 5 juta rupiah. Mungkin banyak yang akan berpikir bahwa harga tersebut mahal akan tetapi jika dibandingkan dengan perangkat lain seperti Alienware Amplifier harga tersebut masihlah wajar.

Karena dibanderol dengan harga yang cukup mahal kalian tidak perlu ragu dengan performa yang akan dihasilkannya karena dibanding dua perangkat yang telah saya sebutkan diatas, akitio thunderbolt ini jauh lebih unggul. Perangkat ini akan memacu kemampuan gaming laptop kamu sampai titik maksimal.

Sekarang kamu tidak perlu membeli laptop gaming dengan harga selangit karena dengan tiga perangkat yang telah saya sebutkan diatas akan membuat performa gaming laptop kamu semakin gahar. Jika ada diantara kalian yang mempunyai rekomendasi perangkat lain silahkan dishare di komentar.