Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia

Virus komputer adalah suatu program atau software yang dibuat dengan tujuan untuk merusak ataupun mengganggu kinerja suatu perangkat komputer. Layaknya virus pada tubuh manusia, virus komputer juga bisa menggandakan diri dan menyebar ke seluruh system jaringan.

Setelah virus menginfeksi suatu perangkat maka banyak hal bisa dilakukannya (tergantung jenis virus). Biasanya mereka akan menggandakan diri dan menyebar ke seluruh system komputer dan akan mengganggu kinerja perangkat tersebut. Pada umumnya virus komputer akan membuat system menjadi down dan lambat, file corrupt, membuat duplikat file, mengenkripsi data file bahkan menghapus total seluruh data dalam hardisk.

Ada banyak sekali jenis virus komputer yang dapat kita temukan mulai dari worm, Trojan, backdoor, spyware hingga rogue. Lalu apakah virus komputer paling berbahaya yang pernah ada? Berikut gavetions akan berikan daftar virus komputer yang paling berbahaya dan pernah menyerang jutaan komputer di seluruh dunia.

Daftar Virus Komputer Paling Berbahaya di Seluruh Dunia

1. WannaCry Ransomware

Virus ini dinamai dengan WannaCry Ransomware, ini merupakan virus terbaru dan terbesar pada tahun 2017, virus ini telah menyerang lebih dari 100 Negara dan lebih dari 70 ribu komputer telah terinfeksi virus ini, setiap komputer yang terkena virus ini mengharuskan pemiliknya untuk menebus atau membayar $ 300 agar seluruh data di komputer tidak hilang, jika tidak membayar, maka seluruh data-data yang terdapat di komputer dipastikan akan hilang.

DISARANKAN  Trump Berbicara ke Putin Untuk Menciptakan "Unit Keamanan Cyber"

2) Nimda

Nimda

Nimda pertama kali muncul pada 18 September 2001 tepat seminggu setelah serangan 9 September. Hal ini membuat banyak orang beranggapan bahwa virus Nimda adalah sebuah teror cyber yang yang bertujuan untuk melumpuhkan banyak komputer. Nama Nimda sendiri diambil dari kata admin dengan pengejaan terbalik.

Virus jenis Trojan ini terbukti sangat berbahaya karena hanya dalam waktu 22 menit sudah menyebar dengan cepat melalui email, celah pada server komputer, transfer file dan share folder. Serangan virus Nimda ini bertujuan untuk mengganggu serta memperlambat jalannya lalu lintas jaringan internet di seluruh dunia dan membuat system komunikasi menjadi down.

3) Storm Worm

Storm Worm
Contoh email yang digunakan untuk menyebarkan Storm Worm

Storm Worm dikenal sebagai Trojan horse yang sangat berbahaya. Virus ini pertama kali muncul pada tahun 2006 dan menyebar melalui email berlabel “230 dead as storm batters Eropa”. Virus ini dibuat untuk tujuan tindak penipuan, saat korban mengklik link palsu yang terdapat dalam email tersebut secara cepat virus akan menginfeksi komputer dan mengubahnya menjadi botnet. Setelah terinfeksi maka pelaku bisa dengan bebas mengendalikan komputer tersebut dan akan mengirimkan banyak email spam di internet. Virus Storm Worm tercatat telah menginfeksi hampir 10 juta komputer.

DISARANKAN  MacOS Semakin Rentan Terkena Malware

4) Conficker

Conficker
Persebaran virus Conficker

Virus yang juga biasa disebut sebagai downup, downandup dan kido ini pertama kali menyerang pada tahun 2008. Conficker tercatat paling banyak menginfeksi komputer dengan OS Windows XP. Untuk mengatasinya pihak Microsoft merilis sebuah patch pada tanggal 15 Oktober 2008. Pada 25 januari 2009, Heinz Heise mencatat bahwa Conficker telah menginfeksi setidaknya 2,5 juta komputer sedangkan The Guardian memperkirakan virus ini sudah menginfeksi 3,5 juta komputer.

Conficker terkenal sebagai salah satu virus yang paling cepat menyebar. Pada 16 Januari 2009 virus jenis worm ini sudah menginfeksi hingga 9 juta komputer di seluruh dunia. Kerugian yang disebabkan oleh serangan virus ini ditaksir mencapai 9 juta dollar atau sekitar 117 miliar rupiah.

5) CIH

virus CIH
Menyebabkan windows tidak bisa booting

Pertama kali menyerang pada tahun 1998 dan merupakan salah satu malapetaka yang pernah menimpa para pengguna komputer. Dikenal sebagai salah satu virus yang paling berbahaya sepanjang masa karena CIH mempunyai kemampuan untuk tidak dapat dideteksi dan akan menginfeksi setiap aplikasi yang dijalankan di komputer tersebut.

DISARANKAN  Tujuan Serangan Ransomware Lebih dari Sekedar Uang

CIH banyak menginfeksi system operasi Windows 95, 98 dan Windows Me. Para vendor perangkat lunak memiliki kontribusi yang besar dalam menyebarkan virus ini. CIH bagaikan bom waktu dalam sebuah komputer, virus ini telah diset dengan tanggal tertentu dan apabila sudah tiba waktunya virus ini akan langsung menghancurkan semua file dalam hard drive. Selain itu CIH juga mempunyai kemampuan untuk menimpa BIOS yang mengakibatkan komputer tidak bisa boot up.

6) SQL Slammer

SQL Slammer pertama kali muncul pada Januari 2003 dan menyebar dengan cepat melalui internet. Virus ini sempat membuat geger karena menyebabkan hancurnya layanan 911 Seattle dan membuat layanan ATM Bank Amerika mengalami crash. Bahkan Continental Airlines terpaksa membatalkan beberapa penerbangan karena system check in dan ticketing mengalami error.

Itulah beberapa virus komputer yang paling berbahaya sepanjang masa, akan lebih bijak jika kita selalu berhati-hati dalam menggunakan perangkat komputer agar terhindar dari serangan virus. Walaupun saat ini sudah bermunculan banyak software antivirus hal tersebut tidak menjamin bahwa komputer kita akan selalu aman dari serangan virus. Maka dari itu berhati-hatilah saat berselancar di internet dan jangan sembarangan mengklik link ataupun mendownload file tak dikenal. #gavetions